ARTIKEL TERBARU

Tingkatkan Etos Kerja melalui “Good Communication”

12 Jul 2018

Di sepanjang waktu, dalam sebuah pekerjaan seseorang dituntut memiliki etos kerja yang baik. Demikian adalah istilah yang sering digunakan tapi jarang diterapkan. Menjadi hebat dalam segala hal membutuhkan latihan dan niat yang kuat. Semakin sering berlatih dan berusaha maka kemampuan yang didapatkan akan lebih baik dari sebelumnya. Bukankah cukup sederhana? Namun kebanyakan orang sulit menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Etos berasal dari bahasa Yunani (etos) yang berarti sikap, kepribadian, watak, karakter, serta keyakinan atas sesuatu. Sikap ini tidak saja dimiliki oleh individu, tetapi juga oleh kelompok bahkan masyarakat pada umunya. Etos kerja adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas dalam menumbuhkan loyalitas dalam bekerja yang dilandaskan pada tujuan dan motto bersama. Pada dasarnya etos kerja adalah gairah yang kuat untuk mengerjakan sesuatu secara optimal, lebih baik, dan bahkan berupaya untuk mencapai kualitas kerja yang sempurna.

Misalnya saja, mempelajari materi untuk rapat hingga larut malam, bukankah hal tersebut adalah etika kerja yang luar biasa. Meskipun pada kenyataannya materi tersebut sudah betul-betul dipahami, namun sebagian besar pengetahuan itu akan hilang dari pemikiran, jika tidak sering berlatih. Belajar secara konsisten dapat membantu kinerja otak dalam mengingat apa yang dipelajari selama ini.

Membentuk kebiasaan baik adalah cara tepat untuk menjadikan diri menjadi sosok yang berkualitas. Mulailah dengan kebiasaan yang produktif, seperti rutin melakukan hal yang hampir mendekati impian. Kurangi hal-hal seperti menonton acara yang kurang penting, baik di televisi maupun di kehidupan nyata, bermain game online atau apapun yang nantinya akan menghambat impian Anda.

Seseorang yang memiliki etos kerja, akan terlihat pada sikap dan tingkah lakunya dalam bekerja. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri etos kerja:

· Disiplin Waktu
· Ikhlas
· Jujur
· Berkomitmen
· Konsisten

Selain beberapa hal di atas komunikasi adalah hal terpenting dalam dunia kerja, mengingat bahwa dalam sebuah perusahaan terdapat banyak orang dari berbagai latar belakang sosial dan professional yang berbeda serta bekerja untuk tujuan yang sama.

Misalnya saja ketika berkomunikasi dengan atasan ataupun dengan rekan kerja. Hal tersebut adalah bagian dari aktifitas yang mau tidak mau harus dilakukan, bahkan setiap hari. Komunikasi yang baik akan menciptakan suasana yang nyaman dalam meniti karier.

Komunikasi yang terjalin secara optimal akan melahirkan kepuasan dalam bekerja. Jika karyawan puas bekerja dalam suatu perusahaan, tidak menyangkal fakta bahwa masa depan perusahaan benar-benar terjamin.

Berikut adalah cara berkomunikasi dengan atasan :

1. Memahami atasan
Perhatikan dan amati gaya bicara, gaya komunikasi, dan metode komunikasi atasan kemudian buatlah strategi komunikasi anda yang cocok dengan gaya komunikasi atasan
2. Menjaga hubungan baik
Jika mampu menanggapi gaya komunikasi atasan maka anda harus menjalin rasa simpati dengan atasan.

Berikut adalah cara berbicara dengan tim atau rekan kerja :

1. Berbicaralah secara teratur dengan setiap anggota tim
2. Latihan menemukan kunci motivasi antara kolega kemudian buatlah strategi ampuh untuk percakapan yang bermanfaat dengan rekan kerja

Bagikan Berita Ini



Berikan Komentar



Nama Lengkap

Alamat Email

Komentar Anda

3 Komentar Terakhir