ARTIKEL TERBARU

4 Cara Berbicara yang Baik Kepada Semua Orang

21 Jul 2018

1. Gunakan Nada yang pas



Agar komunikasi berjalan lancar, Anda harus memakai nada yang pas. Jangan terlalu kecil, juga tidak terlalu keras. Sebab, jika menggunakan nada yang kecil, bisa saja apa yang Anda ucapkan tidak terdengar dengan baik.Pada saat seperti itu, tidak jarang terjadi mis komunikasi. Sehingga pembicaraan satu dengan yang lainnya tidak nyambung. Begitupun sebaliknya jika menggunakan nada yang terlampau keras bisa menyebabkan lawan bicara Anda tersinggung. Sebab, jika memakai nada yang tinggi terkesan membentak. Maka dari itu, jika Anda sedang berbicara dengan siapapun. Anda harus bisa mengatur volume suara Anda dengan sebaik mungkin.



2. Gunakan Kata - Kata Yang mudah dimengerti



Selain memakai nada yang sedang, Anda juga wajib menggunakan kata-kata yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh lawan bicara. Sebab, jika lawan bicara Anda tidak mengerti apa yang Anda katakan, kemungkinan besar terjadi salah tafsir. Saat berkomunikasi, usahakan untuk tidak menggunakan bahasa asing, misalnya Inggris. Jika lawan bicara Anda, orang yang sama dengan Anda, mungkin akan mengerti. Namun, jika yang Anda ajak bicara tidak paham, tentu akan terjadi mis komunikasi. Faktanya saat ini banyak orang yang berbicara memakai campuran bahasa asing. Ini tentu kurang baik, kecuali Anda dan lawan bicara sama-sama memahaminya.



3. Tunjukan kesan bahwa anda antusias



Ini sangat penting, sebab pembicaraan akan terasa hambar jika tidak ada rasa antusias. Oleh karena itu Anda harus mampu menciptakan hal tersebut, caranya dengan menunjukan kesan jika Anda antusias dalam berbincang-bincang.



4. Dengarkan apa yang dikatakan oleh lawan bicara



Komunikasi itu bukan hanya dari satu sisi, melainkan dua sisi. Jadi, agar Anda bisa berbicara dengan baik. Anda juga wajib mendengarkan apa yang diucapkannya. Ini merupakan cara Anda untuk bisa menyesuaikan topik yang dibicarakan. Dengan demikian, obrolan akan menjadi lebih menarik. Sebab, topik bahasan yang dibincangkan nyambung satu dengan yang lainnya. Oleh karena, untuk menjadi pembicara yang ulung, Anda harus bisa menjadi pendengar yang baik.



Bagikan Berita Ini



Berikan Komentar



Nama Lengkap

Alamat Email

Komentar Anda

3 Komentar Terakhir